RSS

Kuliner khas jawa timur

Kuliner khas Jawa timur 

Rujak soto


Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi Jawa Timur Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat dan bisa di katakan masakan ini lebih tenar dari sego tempong (tentunya jika yang di tanya lnh suka rujak lontong lho...) Klik disini untuk resep rujak soto.Bagi orang yang belum tau pasti akan terasa eneh ketika mendengar nama makanan ini karena ada 2 nama makanan berbeda menjadi sebuah nama makanan baru.Kita akan dengan sangat mudah menemukan makanan ini di banyuwangi (terutama kota) di siang hari tetapi jangan khawatir karena di malam hari tetap saja ada warung rujak soto yang buka seperti di daerah perempatan airlangga.

Kue bagiak

Setelah pada postingan sebelumnya saya hadirkan salahsatu warung rujak yang mak nyus di banyuwang maka di siang yang panas ini dan sambil mendengarkan radio favorit, saya akan coba hadirkan oleh-oleh khas banyuwangi yang saya bawa, namanya adalah kue bagiak. mumpung masih ada wujudnya dan belum di habisin sama yang laen disini saya akan sedikit membahas bagiak menurut sepengetahuan saya.

Mungkin buat sebagian orang ketika mendengar kata bagiak yang pertama terlintas adalah sendal kayu yang ada di jepang atau juga yang biasa juga ada di jawa. Bagiak yang saya hadirkan ini merupakan salahsatu oleh-oleh khas Banyuwangi yang berbentuk kue kering yang berbahan dasar tepung sagu di campur dengan kelapa parut dan beberapa bumbu lainnya. Nama kue bagiak sendiri juga bisa kita temukan di maluku, tetapi bagiak khas Banyuwangi ini teksturnya tidak sekeras bagiak dari Maluku.

Pecel


Pecel adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel.
Konsep hidangan pecel mirip dengan hidangan salad dari Eropa. Keduanya sama-sama menggunakan sayuran segar sebagai bahan utama dan menggunakan topping. Perbedaanya adalah, jika salad menggunakan mayonaise sebagai topping, maka pecel menggunakan sambel pecel. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, gula merah dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai, atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau jerohan. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun pisang yang dilipat yang disebut pincuk. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.
hampir ditiap daerah di pulau jwa mmilikimakanan peceljuga dan yang pastinya dengan rsa yg berbeda pula.....

Brem madiun

bremAkhirnya bisa nulis-nulis lagi, setelah beberapa hari menghilang kini saya kembali dengan membawa oleh-oleh brem madiun. Kenapa saya coba menampilkan oleh-oleh khas madiun ini karena saya baru sadar bahwa ternyata selama ini brem madiun belum saya masukkan dalam daftar kuliner atau juga daftar oleh-oleh khas dari indonesia dan sebelum brem bernasib seperti tari tor-tor yang di klaim sama orang sebelah maka saat ini saya akan coba hadirkan sedikit ulasan tentang brem madiun.

Brem madiun ini adalah salahsatu oleh-oleh yang sangat identik dengan madiun, rasanya ketika sedang berada di madiun dan sekitarnya kita akan dengan mudah menemukannya, dan inilah yang terjadi pada saya. Buat yang biasa berkeliling jawa timur menggunakan angkutan umum ( seperti saya), ketika sampai di madiun hingga surabaya pasti sering menjumpai oleh-oleh yang satu ini, di jual oleh para pedagang asongan dan biasanya di jual juga bersama dengan wingko.

Brem madiun sendiri terbuat dari ketan yang di fermentasikan lalu di ambil sarinya kemudian di rebus dan kemudian di endapkan hingga kira-kira sehari semalam. Brem madiun ini pada dasarnya sama dengan brem bali, hanya saja brem bali berbentuk minuman seperti yang sudah saya paparkan pada postingan terdahulu.

Sate


Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate).

Sate Madura adalah sate khas Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah di indonesia. Konon di Madura sendiri sate susah dicari. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan arang batok kelapa. Rasanya gurih tapi dipantangkan kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut.

Suwar suwir


Suwar suwir adalah makanan khas kota Jember selain tape. Makanan ini terbuat dari tape yang diolah sedekikian rupa sehingga menghasilkan makanan seperti dodol namun lebih keras.
Penganan ini berbahan dasar tape singkong dan gula. Legit, demikian rasa yang terkandung dalam panganan itu. Zaman dulu, suwar-suwir dibuat dengan campuran buah sirsak. Namun saat ini, telah dibuat berbagai macam rasa,seperti coklat, kacang, susu dan strawberry.
Umumnya, suwar-suwir dikenal dengan rasa legit dan bentuknya yang memiliki panjang sekitar 3-4 centimeter. Namun kini, beberapa produsen suwar-suwir mencoba berbagai terobosan dalam kemasannya untuk menambah daya tarik.Suwar-suwir pun hadir dalam aneka rupa dan rasa.
selain di jember jajanan ini juga mudah kita temukan di desa-desa di daerah banyuwangi terutama saat lebaran.dengan masih banyaknya bahan untuk membuatnya menjadikan jajanan ini salah satu favorit kue lebaran di jember dan sekitarnya.

Sego tumpang


Nasi tumpang adalah nasi yang menggunakan kuah berupa sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan sambal yang dibuat dengan bahan baku tempe yang sudah basi (tempe bosok) dan dimasak dengan ayam serta kadang-kadang rambak (kulit sapi). Cara penyajiannya sama persis dengan nasi pecel yang sudah populer.

Tidak semua tempe bisa digunakan. Hanya daerah tertentu yang dapat menghasilkan tempe yang dapat basi sesuai dengan yang diinginkan. Tempe daerah Malang juga tidak bisa digunakan sebagai bahan sambel tumpang, karena tidak bisa basi sesuai dengan kriteria sambal tumpang. Kalaupun dipaksakan dibuat bahan, maka rasanya tidak dapat sesedap aslinya.

Nasi tumpang populer di daerah Kediri dan sekitarnya dan digunakan sebagai menu sarapan pagi, dijual di warung-warung makan di pagi hari yang hanya menjual nasi pecel dan nasi tumpang. Di pusat kota Kediri, tepatnya di Jalan Dhoho, setiap malam diatas pukul 21.00 WIB, setelah pertokoan tutup, seluruh trotoar di jalan itu menjadi warung lesehan nasi pecel dan nasi tumpang. Mirip dengan lesehan gudeg di jalan Malioboro Jogjakarta.

Ayam lodho


bila anda sedang berada di tulungagung atau sekitarnya, coba untuk mencicipi nasi ayam lodho. Ini adalah salah satu jenis makanan khas yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Tulungagung selain juga wisata pantainya pastinya.tulungagung adalah salah satu kab di jatim yang berbatasan dengan kediri,blitar dan juga trenggalek.

Nasi ayam lodho adalah makanan yang mempunyai resep atau bahan dasar ayam dengan rempah-rempah resapan bumbu bersantan. Jika dilihat dari wujudnya, mungkin sedikit serupa dengan opor atau kare ayam karena sama-sama berjenis masakan bersantan.Tapi meski terlihat serupa, nasi ayam lodho punya kekuatan cita rasa tersendiri. Selain memakai ayam kampung yang tentunya jauh lebih lezat ketimbang ayam negeri, bumbu-bumbu berupa rempah-rempah asli Indonesia menjadi salah satu faktor penentu yang membuat makanan ini begitu spesial di lidah.

Ciri khas nasi ayam lodho sebenarnya terletak pada citarasa pedas. Meski begitu hanya ada beberapa tempat yang khusus menyediakan menu nasi ayam lodho dengan rasa yang super pedas atau biasa disebut nasi ayam lodho setan. Selain rasa pedasnya yang menggigit, keistimewaan nasi ayam lodho juga terletak pada racikan bumbu rempah dan santannya. Ayam kampung yang sudah terasa enak kian terasa nikmat dengan resapan bumbu rempah-rempah yang menggoyang lidah.

Biasanya untuk menghasilkan citarasa nasi ayam lodho yang sempurna, daging ayam diolah melalui dua tahap. Pertama, daging direbus dalam rendaman santan kelapa dan racikan berbagai jenis rempah-rempah, antara lain: cabai rawit, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan jinten bubuk. Setelah santan dan bumbu rempah-rempah benar-benar meresap, daging kemudian dibakar atau dipanggang di atas bara api dengan bahan bakar arang, baru kemudian disajikan bersama nasi putih hangat dan urap sebagai menu pelengkapnya.

Untuk menikmati nasi ayam lodho, Anda tidak perlu susah payah mencarinya karena Kabupaten Tulungagung dan wilayah sekitarnya banyak yang menjajakan makanan ini. Yang populer ada di Jalan Dr. Soetomo, Jalan WR Soepratman, Jalan Ki Mangun Sarkoro, Plusukandang, Sukoanyar.
Seporsi nasi ayam lodho dijual dengan harga yang bervariasi sesuai dengan daging ayam yang dikehendaki. Untuk porsi biasa dengan suwiran atau potongan daging ayam harganya Rp5000.
Jika Anda menginginkan dada ayam atau jeroannya, maka harganya naik menjadi sekitar Rp7000. Harga nasi ayam lodho akan bertambah mahal apabila Anda menghendaki potongan daging ayam yang besar, yakni sampai dengan Rp10.000 per porsinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan bahasa baik...

http://1.bp.blogspot.com/_sYx8LhsF1y0/STIDg1apcaI/AAAAAAAAAtQ/aT4xYpYZoKQ/s1600/Naruto_37.png
Free Cheese Cursors at www.totallyfreecursors.com